Tips Mengatasi STRESS

Rabu, 09 Desember 2009


Berikut tips- tips mengatasi stress semoga bermanfaat


Keluarga serta teman

Bersandarlah kepada mereka. Tindakan yang sehat adalah membicarakan bagaimana perasaan anda, walaupun anda sedang merasa sedikit tertekan. Carilah dukungan dan penyelesaian dari orang-orang yang anda percaya. Bersiaplah juga untuk menjadi pendengar bila mereka memerlukan teman.
Pertahankan Pola Kehidupan Anda

Pertahankan untuk tidak melakukan perubahan besar dalam kehidupan anda setiap waktu. Persiapkanlah diri untuk kejadian-kejadian yang dapat anda kontrol, sehingga anda masih memiliki kekuatan mental untuk menghadapi kejadian-kejadian yang tidak dapat anda kontrol (seperti kematian orang yang kita sayangi).

Dukungan Profesional

Mencari bantuan bila anda memerlukannya adalah tanda bahwa anda memiliki kekuatan serta akal sehat. Carilah ahli psikiatri, psikologi, konselor keluarga atau pekerja sosial yang dapat diajak bekerja sama serta dapat anda percaya.

Gaya hidup sehat

Berolahraga secara teratur, makan makanan seimbang tiga kali sehari dan mengurangi minum alcohol serta kafein dapat membantu anda mengurangi stress. Kebugaran adalah pemicu rasa nyaman seumur hidup. Pergunakanlah cara tersebut, bukannya alcohol atau rokok, untuk mendapatkan rasa nyaman.

Teknik relaksasi

1. Bernafas dalam - untuk menenangkan reaksi alami tubuh terhadap stress, ambillah nafas yang dalam melalui hidung, rasakanlah perut anda mengembang dan keluarkanlah nafas perlahan-lahan melalui mulut. Lakukanlah sebanyak 3-4 kali.

2. Meditasi - untuk menenangkan diri, pejamkanlah mata anda dan pikirkan tentang kata atau kalimat yang menimbulkan rasa aman. Pilihlah hal yang membuat anda nyaman, dan sebutkanlah berulang-ulang pada diri anda sendiri. Cobalah cara ini selama 5-15 menit.

3. Visualisasi - untuk menghilangkan gangguan-gangguan mental ketika stress semakin memuncak, “melamunlah” sejenak. Bayangkanlah suatu suasana aman dan nyaman yang anda inginkan dan “pergilah” ke sana. Cobalah cara ini selama 5-15 menit.

Comments

No response to “Tips Mengatasi STRESS”
Post a Comment | Posting Komentar (Atom)

Posting Komentar

 
Dewi Punya Cerita. Citrus Pink Blogger Theme Design By LawnyDesignz Powered by Blogger