MULTIVIBRATOR

Jumat, 25 Desember 2009

Multivibrator merupakan sebuah rangkaian elektronika yang mempunyai dua buah piranti aktif yang dirancang sedemikianrupa hingga salah satu piranti bersifat menghantar pada saat piranti yang lain terpancung, seperti oscillators, timers dan flip-flops. Bentuk yang paling umum adalah tipe astable atau tipe oscillating , yang membangkitkan gelombang kotak – gelombang harmonic tingkat tinggi pada outputnya.


Terdapat 3 tipe rangkaian multivibrator yaitu;

1.astable

Multivibrator astabil mempunyai dua keadaan namun tidak stabil pada salah satu diantaranya. Multivibrator akan berada pada salah satu keadaannya selama sesaat dan kemudian berpindah ke keadaan yang lain. Perpindahan pulang pergi yang berkesinambungan ini menghasilkan suatu gelombang segi empat dengan waktu bangkit yang amat cepat. Karena tidak dibutuhkan sinyal masukan untuk memperoleh suatu keluaran, multivibrator astabil kadang-kadang disebut dengan multivibrator bekerja-bebas (free-running multivibrator)

2.monostable

Multivibrator ini stabil pada salah satu keadaan namun tidak stabil pada keadaan lainnya. Bila dipicu, rangkaian berpindah dai keadaan stabil ke keadaan tidak stabil. Rangkaian memnetap pada keadaan tak stabil ini selama sesaat dan selanjutnya kembali ke keadaan stabilnya rangkaian ini disebut juga dengan one shot. Aplikasi yang umum adalah untuk menghilangkan switch bounce.

3.bistable,

Multivibrator yang keluarannya adalah suatu tegangan rendah atau tinggi, 0 atau 1. Keluaran ini tetap rendah atau tinggi. Untuk mengubahnya, rangkaian yang bersangkutan harus didrive oleh suatu masukan yang disebut pemicu (trigger). Sampai datangnya pemicu, tegangan keluaran tetap rendah atau tinggi untk selang waktu yang tak terbatas Rangkaian ini merupakan dasar pembuatan register atau piranti pengingat (memory device). Rangkaian ini disebut juga dengan nama flip-flop. Rangkaian yang hamper sama adalah Schmitt trigger.

Pada rangkaian multivibrator sederhana teiri dari dua buah transistor cross-coupled . Dengan menggunakan jaringan resistor-capacitor dalam rangkaian, maka diperoleh periode keadaan tidak stabil, Multivibrators diaplikasikan pada berbagai system untuk menghasilkan gelombang kotak dan untuk memperoleh interval waktu. Contoh adalah piranti elektronik integrated circuit multivibrator, the 555,


Comments

No response to “MULTIVIBRATOR”
Post a Comment | Posting Komentar (Atom)

Posting Komentar

 
Dewi Punya Cerita. Citrus Pink Blogger Theme Design By LawnyDesignz Powered by Blogger