Ledakan Bintang

Senin, 14 Desember 2009

Para astronom akhir-akhir ini melihat adanya ledakan kosmik yang sangat besar dan menimbulkan cahaya yang sangat terang di angkasa.

Mereka meyakini ledakan tersebut berasal dari sebuah bintang terbesar sepanjang sejarah manusia. Ledakan jenis tersebut memang sebelumnya telah lama diprediksi oleh para astronom. Namun, mereka menyatakan baru melihatnya akhir-akhir ini.

Seperti supernova lainnya, ledakan tersebut diyakini juga menandai akhir dari kehidupan sebuah bintang. Hanya, bintang sumber ledakan kali ini memiliki massa 200 kali lebih besar dibanding matahari. Ledakan bintang raksasa tersebut juga diyakini astronom berbeda dengan supernova SN2007bi yang telah diamati sejak 2007. Pasalnya, terang ledakannya mencapai 50 hingga 100 kali terang supernova biasanya.

Gambar di atas merupakan sisa ledakan bintang pada 2008--AP ledakan kali ini jauh lebih terang dan bertahan cukup lama. Seorang astronom mampu mengamati ledakan tersebut hampir dua tahun sejak penemuannya. Padahal, biasanya dua tahun pascapenemuan ledakan sudah tidak terlihat apapun lagi.

Astronom menyatakan penemuan tersebut merupakan perkembangan baru dalam proses pembentukan bintang-bintang. Hal yang terpenting adalah kini telah ada bukti keberadaan bintang yang massanya 200 kali lebih besar dari matahari.

Comments

No response to “Ledakan Bintang”
Post a Comment | Posting Komentar (Atom)

Posting Komentar

 
Dewi Punya Cerita. Citrus Pink Blogger Theme Design By LawnyDesignz Powered by Blogger