Marketing VS Sales

Kamis, 26 November 2009

Terinspirasi dari mengikuti sebuah salah satu lomba mengenai strategi marketing yang diadakan salah satu perusahaan notebook ternama Indonesia, munculah rasa ingin tahu apa itu marketing dan apa itu sales? Apakah aku seorang marketing? Apa sih bedanya?

Googling...googling ternyata dapat juga artikel nya. Ini loh bedanya :

  • Marketing adalah Pemasaran. Sales adalah Penjualan.
  • Ilmu dasarnya Pemasaran (Marketing) adalah STP + 4P, dan skill yang dibutuhkan oleh mereka adalah kreatifitas strategi. Mereka cenderung bekerja di belakang layar. Sementara Penjualan (Sales) lebih berada sebagai ujung tombak, dan skill yang dibutuhkan oleh Sales adalah human relationship atau interpersonal skill. Ilmu dasar yang wajib dikuasai oleh orang orang Sales adalah Prospecting – Presentation – Closing.
  • Marketing bertugas membuka jalan dan memberi umpan bagi Sales, sementara Sales bertugas mengkonversi berbagai peluang yang diciptakan oleh Marketing agar menjadi hasil. Jika diumpamakan dalam sepakbola, maka Marketing adalah playmaker seperti Kaka atau Fabregas, sementara Sales adalah striker seperti Fernando Torres atau David Villa.
  • Penilaian terhadap orang Sales biasanya dinilai dari berapa besar penjualan yang dihasilkan (diukur dengan uang), sementara penilaian kepada orang Marketing biasanya tidak diukur dengan uang, tetapi misalkan dari “Market Coverage”, “Brand Awareness”, “Penguasaan Pasar” dll.
Mungkin selama ini kita mengaanggap sebelah mata tentang adanya sales dan marketing, tapi ternyata sales dan marketing itu baik juga loh, cuma ya kita juga harus bisa tau orang yang bener sama gak, karena jaman sekarang apapun dilakukan demi uang.
so be positive with sales n marketing

Comments

No response to “Marketing VS Sales”
Post a Comment | Posting Komentar (Atom)

Posting Komentar

 
Dewi Punya Cerita. Citrus Pink Blogger Theme Design By LawnyDesignz Powered by Blogger