Belajar Multimedia " Session 2"

Senin, 26 Oktober 2009

::: Lanjut :::

3. Audio

Audio adalah suara yang berada pada range pendengaran manusia dan gelombang nya adalah accoustic signals.
Terdapat berbagai macam format audio yaitu :

- AAC (Advanced Audio Coding) dengan format [ .aac]

- Waveform Audio [ .wav ]

- Audio Interchange File Format [.aif]
- Mpeg Audio Layer 3 [.mp3]
- AMR file [.amr ]

Pada tabel di bawah ini akan dibandingkan seberapa besar memory yang dipakai untuk masing – masing format audio tersebut.

Dari hasil perbandingan tersebut dapat dilihat format .wav menggunakan lebih banyak memory dibandingkan dengan format audio yang lain. Sedangkan format .amr menggunakan memory yang paling sedikit dibandingkan format audio lain yang dibandingkan.

4. Video

Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital.
Beberapa format video yaitu antara lain :
- ASF (Advanced System Format) [.asf]
- MOV (Quick Time) [.mov]
- 3GP [.3gp]
- FLV [.flv]
- (WMV)
- Windows Media Video [.wmv]

Pada table di bawah ini akan dibandingkan seberapa besar memory yang digunakan dari setiap masing – masing format video.

Dari hasil perbandingan tersebut dapat dilihat format video .3gp menggunakan memory yang paling kecil dibangingkan dengan format video yang lain. Sedangkan format video .wmv dan .asf menggunakan memory yang sama – sama cukup besar.

5. Animasi

Animation adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan.
Jenis-jenis Animasi :
1. Animasi Cel
Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahuntahun awal animasi. Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal.

2. Animasi Frame

Animasi frame adalah bentuk animasi paling sederhana. Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang berbedabeda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kita buka buku tersebut dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak.

3. Animasi Sprite
Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, seperti misalnya: burung terbang, planet yang berotasi, bola memantul, ataupun logo yang berputar.

4. Animasi Path
Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan.

5. Animasi Spline
Spline adalah representasi matematis dari kurva. Sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva.

6. Animasi Vektor
Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang.

7. Animasi Character
Animasi karakter biasanya terdapat di film kartun. Semua bagian dalam film kartun selalu bergerak bersamaan. Software yang biasa digunakan adalah Maya Unlimited. Contoh film kartun yang dibuat dengan Maya Unlimited adalah Toy Story dan Monster Inc.

Format file yang digunakan pada animasi SHOCKWAVE FLASH (SWF), biasanya di-generate menggunakan Macromedia Flash, yang berupa animasi vektor.

Comments

2 Responses to “Belajar Multimedia " Session 2"”
Post a Comment | Posting Komentar (Atom)

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

thank gan...
very good..

Posting Komentar

 
Dewi Punya Cerita. Citrus Pink Blogger Theme Design By LawnyDesignz Powered by Blogger